PESTA DANAU TOBA (PDT – 2008)

Juli 12, 2008

Bah… Akhir nya ada lagi pesta besar masyarakat SUMUT khusus nya rakyat di sekitar danau toba yaitu simalungun, samosir , tapanuli utara dan daerah tongging karo. Sejak dulu pesta danau toba selalu diselenggarakan setiap tahun nya, namun menurut kabar pesta danau toba tahun 2008 sekarang ini merupakan pesta yang cukup besar dan meriah mengingat pemerintah telah mencanangkan program visit indonesia year 2008.

Setiap diselenggarakan pesta danau toba saya selalu hadir karena danau toba tidak jauh dari tempat tinggal saya di Pematang Siantar. Banyak kegiatan yang dilakukan selama acara berlangsung mulai dari pagelaran budaya sampai lomba kapal perahu. Bagi kami yang tinggal tidak jauh dari Parapat acara seperti ini sangat menghibur dan merupakan acara yang ditunggu-tunggu setiap tahun nya. Danau Toba adalah danau terbesar di Asia tenggara, daerah yang patut dijaga kelestarian lingkungan dan budaya masyarakat setempat.

Tidak hanya masyarakat Sumatera utara saja yang harus menjaganya melainkan pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia wajib memberikan dukungan yang penuh terhadap keberlangsungankelestarian alam dan budaya di sekitar danau toba.

Presiden SBY  menyaksikan sederetan pergelaran seni dan budaya pada puncak acara dan penutupan Pesta Danau Toba 2008, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melantunkan lagu Batak berjudul Nasonang Do Hitana Dua. Pada saat Presiden melantunkan bait pertama lagu itu, ribuan anggota masyarakat yang memadati Lapangan Pagoda, Parapat, Sumut, Jumat malam langsung memberikan sambutan berupa tepuk tangan

Keindahan danau toba yang masih sangat alami perlu dijaga dari kepentingan-kepentingan kapitalis yang selalu mengeruk keuntungan semata tanpa memperdulikan efek yang ditimbulkan. Semoga dengan terselengranya acara potensi sumberdaya yang ada dapat dimaksimalkan dengan baik sehingga danau toba menjadi daerah tujuan wisata yang mendunia. Horas… Horas… (yogie.inc)

24 Responses to “PESTA DANAU TOBA (PDT – 2008)”


  1. goar hu leo..au sian lintong nihuta..sabotulna..las hian do rohakku marnida halak hita masuk tu internet on..alai na godangan hata muna lae..pasip hamu majo disi..

  2. Bagariang Says:

    Trims lae,atas ulasannya seputar PDT.Karena bagi saya pribadi yg tinggal di perantauan (kalimantan),dgn adanya berita” ttg kampung halaman,telah sedikit mengobati rasa rindu akan bona pasogit.
    Mauliate lae…

  3. Situmeang Says:

    beh…..memang mantab do tao toba ta on………

    alai na sialna….bapak ni kedanhu mate…..mulak sian pesta.mogap…..dang di boto marlange.ah…tahe bah

  4. peduli danau Says:

    JANGAN KOTORI DANAU.SO HU PAMULAK HO TU JABU NI OMAK MU……..ITU HARTA NENEK MOYANG KITA YANG DULUNYA DIJAGA KELESTARIANNYA…..ATE?

    PA BOA TU AU…….MOLO ADONG NA PAREMAN

  5. SI GANTENG KAMI Says:

    GA ADA LAGI YG MERAWAT NYA,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,APALAGI LUMBAN SILINTONG!

  6. butet Says:

    o…ala…kek mananya parapat ini???
    parah…nyk kotoran manusia!!!
    ya ke pda pak sby supaya di perhatikanlah itu…
    kami pun jadi tak enak liatnya….

  7. alim Says:

    saya rasa cukup sampai di sini saja untuk urusan campur tangan manusia,
    karna semakin banyak campur tangan manusia, maka semakin banyak puala hilangnya keindahan alam yang di miliki danau toba tersebut…….

  8. Victor T. Bolon Says:

    woooo keren banget


  9. ninna rohakhu… danau toba mansai uli do. ido tano bona pasogit di hita halak batak, apalagi tarsogon ahu marga samosir molo didok soal tao toba songon naeng hubas sahat tu rohangku…..!!!!!!!

  10. Sara Says:

    HAY smw!!! Danau toba quw yg indah,keren,truz tmpat yg plg bwt aq nyaman… moga,,,indah slmany! d jaga ia…heeeee…

  11. morello Says:

    hmmmm

    horas jg lah…

    jdi kangen kampung ku tu yang tercinta nagori purba

  12. Biden Sinaga Says:

    Saya bangga menjadi orang Batak yang membuat kita dikenal oleh bangsa-bangsa lain karena Danau Toba sebagai Bona Pasogit. Permohonan kepada pemerintah agar bisa mengalokasikan dana APBD untuk kelestarian Danau Toba. Kalau Danau Toba dilestarikan tidak saja orang Batak yang diuntungkan tetapi secara nasional karena Danau Toba adalah daya tarik wistawan mancanegara. Mari saudara2ku di SUMUT agar kita sama-sama saling menjaganya dengan penuh tanggung jawab, tata krama yang baik dalam melayani tamu2 kita dan kebersihan/keindahan yang terjamin untuk memikat mereka. Gbu.

  13. azhari Says:

    horas ma bagussssss kali lah tuh adanya acara seperti itu karena sangat mempengaruhi perkembangan wisata di daerah sumatra

  14. CANTIK Says:

    HITA JAGA MA DANAU TOBA ASA CANTIK UNAG ADONG NA RESE ATE

  15. junter Says:

    para pejabat daerah yth, tolong bapak-bapak bekerja dengan hati yang tulus, perhatikan proyek-proyek APBD itu, jagan dikerjakan asal jadi, trus jangan minta komisi banyak kali dari pihak kontraktor, yang wajar-wajar sajalah, gimana tuh pembangunan di samosir…….? apa yang brubah…….? yang paling utama perhatikanlah fasilitas2 umum untuk kebutuhan mayarakat samosir, thangks………….

  16. swany sitorus Says:

    mantap doi hubege pesta danau toba i sian halak alai pas lao tusi tiket masuk habis

  17. wandy haro Says:

    Holan hepeng do naporlu di penduduk ni Parapat alai anggo padengganhon manang manjaga kebersihan hurang do. jala pada umum na penduduk sekitar danau toba mambuang sampah tu danau toba….. beha ma parro ni ijur halak na asing mamereng tao nauli on….. rap paiashon hita anggka dongan horasssssssssss.

  18. panjero Says:

    WHATEVER ALL OF YOU SAY…DANAU TOBA I DO ASALHU SAITONG INGOTONHU…SEHARUSNYA KITA SEBAGAI ORANG BATAK BISA LEBIH KOMPAK LAGI DALAM MEMAJUKAN EKONOMI TAPANULI…BELUM PERNAH ADA PRESIDEN RI ORANG BATAK…COBA KITA SEMUA MULAI DARI SEKARANG HARUS SUDAH MULAI MEMIKIRKAN ITU…HORAS!!!

  19. Wendy sinaga Says:

    Dang adong bagak danau toba i,,
    Nbbagak ma tanjung rahu pak-pak bharat..
    Hu tuvng do annon i..


  20. danau toba mestinya menjadi dunia wisata terbaik setelah bali, maka pemda sumut mestinya memberi perhatian penuh bagi kelestarian wisata danau toba, sby aja peduli apalagi kita anak kelahiran sekitar danau toba. ok

  21. Patar Tambunan Says:

    Horas…

    Harapan saya smoga kita dapat melestarikan Danau Toba sebagai satu aset yang berharga…dengan tidak mencemari’a…serta kita harus selalu menjaga keindahan panorama Danau Toba..
    Dan saya mohon pada Pemda setempat untuk lebih memperhatikan Danau Toba lagi sebagai satu objek wisata yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Danau Toba
    Trims…

  22. Hisar Says:

    Sapandapot do au dht komentar ni kedanta si Wandy haro

  23. meytha Says:

    horas danau toba ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, semoga danau toba jadi tempat pariwisata yg terknal dan yg terindah . hidup danau toba !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    • DIANSSHUTABARAT Says:

      Horas!!!!!!!!!!
      mauliate dah ito nunga di lastarion danau toba.
      ikkon di lestarion doi,asa bagak hian danau toba tai


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: